Apakah Tokobagus dan Berniaga itu ?
Jika kita melihat menu about us di
kedua situs tersebut, maka disebutkan Tokobagus adalah sebuah situs
dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa.
Sedangkan Berniaga adalah tempat mempertemukan pembeli dan penjual agar
mendapatkan penawaran terbaik dengan cara yang mudah dan aman
Sekarang kita coba melihat tag line dari kedua situs tersebut, sebagai berikut :
1. Tagline di situs tokobagus.com =
Jual Beli Bagus
2. Tagline di situs berniaga.com =
Jual Beli di Seluruh Indonesia
Kedua tagline tersebut menegaskan
tentang "Jual Beli" yang menunjukkan jika mereka adalah situs tempat
jual beli. Jika tokobagus menekankan sebagai tempat jual beli yang bagus
(berkualitas) maka berniaga menekankan sebagai tempat jual beli yang
mencakup seluruh Indonesia.
Jika kita perhatikan persaingan
diantara mereka cukup tinggi meskipun Berniaga masih tergolong baru tapi
gebrakannya tidak kalah dengan pemain lama seperti Tokobagus. Bahkan kedua
situs tersebut sudah memasang iklan di televisi (jam prime time) dimana
seperti kita ketahui biaya promosi di jam tersebut tersebut tidak
murah.
Terlihat disitu jika mereka sangat
menyadari arti persaingan, dan salah satu usaha memenangkan persaingan adalah
"sikap tidak mau kalah" menjadi motivasi serta keharusan tersendiri
meskipun harus berpromosi di media televisi dengan budget yang tinggi.
Iklan di televisi memang mampu
menjangkau semua kalangan hingga pelosok desa, sekaligus memancing pertanyaan
diantara pemirsa yang jarang atau bahkan belum pernah menggunakan internet.
Contohnya, bibinya warcoff bertanya, apa itu tokobagus ? setelah beliau melihat
iklan tersebut. Bayangan beliau tokobagus itu seperti mall atau supermarket dan
sejenisnya :).
Untuk iklan Berniaga ada poin yang
menarik menurut warcoff, iklan tersebut menyajikan ilustrasi yang cukup lengkap
dan mudah dipahami dimana menggambarkan proses bertahap dari niat awal
menjual kemudian memasang iklan lalu ada pembeli yang tertarik hingga
akhirnya diakhiri dengan tagline "menjual mudah pembeli senang".
Melihat persaingan diantara dua
situs tersebut sekilas terkesan lucu, dimana "usaha penyedia tempat iklan
tapi juga aktif beriklan" :), tapi disinilah bukti kalau promosi adalah
harga mati bagi suatu perusahaan apapun bentuk usaha dan produknya agar terus
bisa bertahan dan semakin berkembang.
Inilah pelajaran yang dapat kita
ambil, terutama bagi kita sebagai wirausahawan. Tentu bedanya, bagi wirausahan
kecil dan menengah dalam memilih tempat dan cara promosi harus disesuaikan
dengan budget yang ada.
Bagaimana caranya ?
yah salah satunya kita manfaatkan
kedua situs iklan vertikal tersebut dengan maksimal untuk membantu
mempromosikan usaha kita. So semakin mereka giat berpromosi di media televisi
hingga makin terkenal, otomatis iklan kita di kedua situs tersebut juga semakin
banyak yang melihat. Jadi siapa yang untung ? tanya siapa :). Semoga
manfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar